Meja kantor minimalis merupakan peralatan esensial Anda untuk bekerja. Namun, bagaimana ya cara memilihnya agar tidak bikin sakit punggung? Yuk intip cara berikut!

 

  1. Cari ukuran meja sesuai dengan ukuran tubuh

Ternyata, ukuran sebuah meja kantor cukup mempengaruhi produktivitas, energi, dan kualitas bekerja Anda. Tinggi meja yang dapat menjaga postur dan kenyamanan, akan meningkatkan suasana atau mood

Anda perlu perhatikan bahwa tinggi meja kantor yang standar, umumnya adalah 72 – 76 cm. Bagaimana dengan lebarnya? Lebarnya bervariasi dengan rentang 122 cm, 152 cm, hingga 183 cm dan kedalaman antara 61 cm, 76 cm, dan 91 cm. 

Namun, tinggi dan lebar meja juga dapat disesuaikan berdasarkan ukuran ruangan. Misalnya meja kantor minimalis dengan ukuran 60 cm × 35 cm × 26 cm dari Grace 601 LSA di Kikayu.com. Meja ini terasa ringan dan gampang dipindah-pindah. 

 

  1. Tes ketinggian meja dengan siku

Bila Anda masih kesulitan menentukan ukuran meja, gunakanlah siku. Cara ini terbilang mudah karena siku Anda merasakan langsung tinggi permukaan meja dan keyboard sejajar. Jika bahu, pergelangan tangan, dan lengan terasa rileks saat menggunakan meja, maka itulah ukuran yang tepat. 

Salah satu meja kantor minimalis yang bisa Anda coba adalah Chitose T 6012 Kotatsu. Meja kayu dengan rangka kaki yang dilapisi chrome ini memiliki dimensi 120 cm × 60 cm × 70 cm. 

Meski ukurannya panjang, tetapi meja kerja minimalis ini muat menaruh perlengkapan kerja Anda. Termasuk menaruh barang di bawah meja dengan storage box susun. Saat bekerja pun, Anda terhindar dari bungkuk saat duduk.

 

  1. Pilih meja dengan rak dudukan monitor

Kebanyakan meja kantor minimalis tidak memiliki rak atau desk dudukan monitor layaknya meja komputer. Hal ini wajar, karena meja minimalis mengedepankan ruang yang luas namun tetap rapi jika barang-barang diletakkan di atas meja. 

Namun Anda tidak perlu khawatir. Kini, Anda bisa tambahkan rak dudukan monitor di atas meja kantor minimalis Anda. Bentuknya berupa rak kecil satu tingkat dengan beberapa laci. Ada juga yang tanpa laci dan Anda bisa menaruh pajangan atau action figure di atasnya. 

Dengan adanya rak dudukan monitor, jarak pandangan Anda terhadap monitor laptop atau PC jadi lebih sejajar. Efeknya, leher Anda tidak intens menunduk dan postur tulang belakang tetap terjaga. 

 

  1. Cek bahan meja kantor minimalis, mana yang lebih baik?

Tidak hanya ukuran dan aksesoris pada meja kantor minimalis saja, Anda juga perlu mengecek bahannya. Piihlah meja kantor minimalis yang punya material yang kokoh, stabil, dan tahan lama. 

Dikutip dari situs Parapuan.co, bahan fiberboard, tepatnya MDF (Medium Density Fiberboard) adalah bahan yang banyak diminati. Bahannya kuat, namun harganya relatif murah dibanding bahan kayu lain. 

 

  1. Pastikan desain tepi meja tidak menyebabkan luka atau memar

Hingga saat ini, meja kantor minimalis memiliki ragam desain dan bentuk. Meski begitu, Anda perlu memastikan bahwa tepi meja tersebut tidak menyebabkan luka, memar, atau benturan pada tubuh. Karena itu, desain meja kantor minimalis kini dibuat dengan tepi membulat atau rounded

 

Nah itulah 5 cara pilih meja kantor minimalis yang tidak bikin sakit punggung dan aman dipakai bekerja. Dapatkan meja kantor minimalis impian Anda di Kikayu.com. Bisa free shipping dan gratis pasang untuk area Jakarta. Kunjungi Kikayu.com yuk!

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *